Air Tractor AT-301 : Bukan Traktor Udara Melainkan Penyemprot Hama

Air Tractor AT-301 : Bukan Traktor Udara Melainkan Penyemprot Hama
sumber foto : wikimedia commons
Kalau mendengar namanya, mungkin yang terbayang adalah sebuah pesawat besar yang dipergunakan untuk mengangkut barang berat dan besar. Maklum saja karena kata Air Tractor dalam bahasa Indonesia berarti traktor udara.

Sayangnya, kalau dibayangkan seperti itu tidak tepat. Air Tractor AT-301 bukanlah pesawat angkut berat. Bahkan, bisa dikata pesawat ini termasuk dalam kategori pesawat ringan. Nama Air Tractor yang melekat padanya merujuk pada nama produsennya, yaitu Air Tractor Inc yang berlokasi di Olney, Texas.

Pesawat ini termasuk dalam keluarga seri AT-300 dan pertama kali terbang pada tahun 1973 sebelum kemudian produksi masal dan dijual pada tahun 1976.

Pengguna utama pesawat ringan ini adalah para petani Amerika Serikat yang kerap menghadapi hama belalang. Pesawat ini kerap dipergunakan untuk menyebarkan bahan kimia untuk membasmi binatang peloncat yang rakus itu.

Pesawat berawak tunggal ini akan terbang di area dimana kawanan belalang sedang berkumpul di sebuah lahan pertanian dan kemudian menebarkan zat kimia untuk membasminya.

Pesawat ini mampu terbang hingga kecepatan 270 kilometer perjam dan jarak jangkauan terbang mencapai lebih dari 800 kilometer.
1 Comments

Kayaknya pernah liat yang kayak gini di museum SatriaMandala