North American P-51 Mustang : Si Cocor Merah

North American P-51 Mustang : Si Cocor Merah
Sumber Foto : Pixabay
P-51 Mustang adalah pesawat tempur yang menjadi andalan pihak Sekutu pada Perang Dunia II. Ketangguhannya terbukti ampuh dalam menghadapi berbagai pesawat tempur buatan Jerman .Selama perang besar ini, tercatat kurang lebih 4,950 pesawat musuh ditembak jatuh oleh para pilot Mustang.

Selain berlaga dalam PD II, P-51 Mustang juga terjun dalam Perang Korea seiring dengan keterlibatannya Amerika Serikat dalam perang dua Korea tersebut.


Penerbangan pertamanya dilakukan di tahun 1940 dan dua tahun kemudian skadron pertama pesawat ini masuk ke dalam Royal Air Force (Angkatan Udara Inggris). Setelah itu sampai dengan pensiunnya dari dinas aktif, setidaknya 25 negara di dunia menggunakan jasanya untuk melindungi wilayah udara mereka.

Indonesia adalah salah satu dari negara tersebut. TNI Angkatan Udara menggunakan jasa pesawat yang dikenal juga sebagai si Cocor Merah ini antara tahun 1949-1976. Sebagian diantaranya merupakan warisan dari tentara pendudukan Belanda dan sebagian lagi pesawat baru yang dibeli tahun 1970-an.
0 Comments