F 15 Eagle - Si Garuda Penguasa Udara

F 15 Eagle - Si Garuda Penguasa Udara
Sumber Foto : Pixabay
F 15 Eagle atau si Garuda adalah sebuah pesawat tempur buatan Amerika Serikat yang dikenal sebagai pesawat yang handal dalam pertempuran antar pesawat di udara. Tercatat dalam sejarah pesawat jenis ini telah menembak jatuh lebih dari 100 buah pesawat dalam era perang udara modern.

Sebagian besar dari jumlah kemenangannya dihasilkan oleh salah satu operatornya, yaitu Angkatan Udara Israel dalam berbagai pertempuran.

Pesawat ini dirancang pada tahun 1967 dan melakukan penerbangan perdana pada tahun 1972 dan aktif bertugas mulai tahun 1976 di Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

F 15 Eagle - Si Garuda Penguasa Udara

Pesawat ini mampu mencapai kecepatan maksimum 2,5 kali kecepatan suara atau sekitar 2.665 Kilometer perjam. Kecepatannya ini lahir karena sejak awal memang didesain untuk "memburu" pesawat buatan blok Timur (Uni Soviet dan sekutunya), terutama Mig-25 Foxbat.

Kemampuannya bermanuver, persenjataan, dan perangkat elektroniknya membuat pesawat tempur ini sangat ditakuti lawan. Sejarah mencatat bahwa tidak ada satupun F 15 Eagle yang ditembak jatuh oleh pesawat lawan dalam berbagai pertempuran udara yang dilakoninya.

F 15 Eagle - Si Garuda Penguasa Udara

Ketangguhan dan kemampuannya dalam menguasai udara membuat pesawat yang diproduksi oleh Mc Donnel Douglas ini tidak dimiliki oleh banyak negara. Pemerintah Amerika Serikat hanya menjual atau memberikan lisensi pada negara-negara yang dianggap setia dan mitra sangat strategis.

Tercatat hanya 4 buah negara yang mengoperasikannya. Pertama, Amerika Serikat. Kemudian, negara-negara lain yang tercatat menggunakan jasa sang penguasa udara adalah Jepang, Arab Saudi, dan tentunya Israel, sang sekutu terdekat.

Pesawat ini telah dibuat dalam berbagai varian dan direncanakan akan tetap diproduksi hingga tahun 2022 sebelum kemudian digantikan oleh pesawat lain yang lebih modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.
0 Comments